Barcode Scanner tiba2 mengeluarkan karakter aneh


Tulisan ini sehubungan dengan seorang kasir yang sedang bekerja menginput barang-barang belanjaan customer dengan bantuan barcode scanner. Sang kasir terlihat sibuk dengan pekerjaaannya, tiba-tiba… kasir menjadi terdiam. Selidik punya selidik barcode yang dia scan dengan kode 8996008101053 tidak ditemukan di database, dan anehnya pada interface aplikasi POS tampil karakter-karakter aneh yang tidak seperti biasanya *((^))*!)!)%# . Karena masalah tidak bisa diselesaikan sendiri, tinggalah dia teriak mencari pertolongan.

Cerita diatas memang dikarang-karang, tapi kejadian semodel itu saya pernah mengalaminya. Koq aneh ya…, karena masih keheranan alias kebingungan maka solusi yang diberikan saat awal-awal mengalaminya adalah dengan me-log off windowsnya. Dan memang, barcode scaner berfungsi seperti semula saat tansaksi berjalan kembali.

Sesudah sekian lama mencari dan mencari, dengan sedikit analisa amatiran alhamdulillah ketemu juga penyebabnya. Dengan mencari karakter karakter itu pada keyboard, maka terlihat angka-angka barcode barada persis dibawah masing-masing karakter aneh dalam tombol/ tuts yang sama. Perbedaannya hanya satu, karakter aneh ini biasanya muncul saat tombol shift difungsikan, sedangkan angka-angka muncul saat tombol shift tidak difungsikan. Dengan analogi seperti itu maka, jika ditekan tobol shift akan mengembalikan fungsi tombol angka kepada keadaan semula.

Sekarang saatnya menunggu, ada kejadian aneh terulang dengan barcode scanner si kasir.

Pada saat yang ditunggu sudah tiba, maka dengan berharap-harap cemas, dicobalah dan solusi yang diperkirakan sebelumnya. Dan akhirnya… jreng… … … ‘anda belum beruntung’ . Karakter yang muncul masih aneh juga. Tetapi dengan berbekal keyakinan, dan tidak mengenal berputus asa, maka metode seperti tadi diulang dengan sedikit modifikasi, yakni tombol shift tidak dielus lagi tapi diketuk. Alhamdulillaah, akhirnya berhasil.

Tinggalah dua pertanyaan yang masih belum terjawab :

1. Kenapa shift bisa aktif , apakah tersenggol, atau ada kesalahan listrik, mesin ?

2. Kenapa tombol shift tidak bisa diaktifkan dengan elusan pada saat seperti itu ?

Bagi yang mengetahui jawabannya, tolong dishare kesinih ya…

——–

Ini sebetulnya gambar perbandingan keyboard saat tombol shift aktif dan saat tombol shift tidak aktif, tapi sepertinya kekecilan (kalau gitu save as aja deh, kali aja bisa jelas ) :

keyboard dg shift aktif dan tidak aktif

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: