Mengembalikan Kapasitas FlashDisk yang Menciut


Suatu ketika teman saya datang membawa mp3 player (yang dapat berfungsi sebagai flashdisk) bermerk Audi dengan kapasitas 512MB yang ‘dilaporkan’ rusak, karena baru dipakai 72MB-an ternyata pada properties menyatakan bahwa ruang yang kosong hanya 14% lagi. Aneh bin Ajaib!!!

Langkah pertama yang saya lakukan adalah mencoba melihat dari DOS mode dengan perintah : DIR *.* /a:h  (perintah untuk melihat file yang Hidden/ disembunyikan) . Ternyata tidak ada yang disembunyikan.

Lama menjelajah isi mp3 player itu sambil berfikir mencari solusi yang tepat, sebuah feeling mengatakan bahwa kemungkinan ada struktur data yang rusak dalam disk. Atas dasar itulah kemudian saya jalankan scandisk dengan autofix. Dan Alhamdulillaah, tampak tanda-tanda keberhasilan karena setelah scandisk, dan dilihat untuk file-file hiden ada empat folder baru yakni : folder.000 , folder.001 , folder.002, dan folder.003. Saat dilihat  isi daripada folder masing-masing maka tampak  file-file berekstension .chk berukuran  8KB-an banyak sekali bahkan ada beberapa folder berisi file sequent sampai file9999.chk. Masyaalloh…

Setelah mengetahui seperti ini adanya, maka tinggalah menghapus folder-folder itu beserta file-filenya, . . . dan alhamdulillaah kapasitas disk kembali mengembang.

4 Balasan ke Mengembalikan Kapasitas FlashDisk yang Menciut

  1. gix'Z mengatakan:

    Aku punya flash disk toshiba Trans Memory U3 2GB
    Tapi setelah ku format ulang, sistem U3 nya hilang, jadi seperti flash disk biasa yang sak ada sistem U3 nya
    Kira-kira kenapa?
    di situs mana saya bisa mendapatkan driver U3 nya lagi?

  2. agusnurli mengatakan:

    sedikit catatan saya mengenai masalah ini ada di komentar pada halaman depan blog ini yang kemudian saya catat khusus di : https://agusnurli.wordpress.com/2007/10/02/masalah-u3-lagi/

  3. Darwis Wijaya mengatakan:

    Memory card Mini SD gw yang 2 Gigabyte, gw format.. eh malah kapasitasnya jadi 19MB doank.. gimana nih? tapi waktu gw hubungkan ke komputer gw liat lewat program SDFormatter gw kapasitas nya tetap 1,92Giga skian”..
    kok bisa gitu y?

    ada solusi nga supaya balik lagi?

    puyenk ni uda berkali” gw format, alhasil gitu” doank..

  4. 560432 mengatakan:

    mas aq punya flasdisk kingstons8gb trs di upgrad serialnya ko mlh jd mengecil menjadi 1gb trs gmana caranya mengembalikannya

Tinggalkan Balasan

