Hati-hati dengan Message YM, eMail, PopUp Browser Internet


hati2

Saya dikagetkan dengan sebuah id yang mengirimkan sebuah message dengan penawaran “mau software “. Pada saat itu terlihat sebuah file siap untuk di-accept bernama bye.bat. Dari extensionnya terlihat bahwa “software” ini dibuat dengan script DOS. Maka saya terima karena penasaran ingin tahu apa sebetulnya software ini.

Setelah saya accept dan save di disk saya, saya klik kanan file tsb dan pilih edit , maka tampaklah tiga baris perintah seperti yang saya kirim balik ke pengirim “software” tsb :

Baris pertama : @ echo off, bertujuan agar semua perintah sesudah ini disembunyikan saat eksekusi

Baris Kedua : shutdown -c “hahahahah gandi_rnr_666 gitu” -t 8 -r , bertujuan untuk :

shutdown : menjalankan perintah shutdown

-c : untuk memberitahu bahwa kata sesudanya adalah komen yang akan tampil saat perintah shutdown dijalankan

-t : untuk memberi tahu adanya batasan hitungan waktu mundur ( terlihat 8 = 8 seconds)

-r : shutdown pc dan restart

Baris ketiga : echo end, kebalikan dari baris pertama

Program yang saya terima memangprogram yang relatif tidak berbahaya. saya katakan relatif karena bisa saja berbahaya, misalnya jika kita sedang mengedit sesuatu belum save kemudian shutdown maka kemungkinan besar akan kehilangan sebagian data kita.

Pesan utaman dari catatan saya ini, maka kita harus menyikapi dengan hati-hati segala macam message, email, atau windows popup yang muncul saat browsing internet. Karena dari sanalah pintu masuk program2 berbahaya. Waspadalah… waspadalah !!!

Satu Balasan ke Hati-hati dengan Message YM, eMail, PopUp Browser Internet

  1. emang dasar bodoh loee….

    Regard’s
    SCAMMER INDONESIA

Tinggalkan Balasan

