Komputer Jadi Lambat Setelah Install Software


Ass[alamu’alaikum].

Saya punya masalah sama komputer saya ketika saya menginstal software lalu komputer saya jadi prosesnya lambat gmana y saya sampai tunggu setengah jam bwat ke desktop. gmana caranya biar g ngeheng lagi y
makasih
ditunggu jawabannya……..

—-

Wa’alaikum salam

Baris-baris diatatas merupakan sebuah pertanyaan diatas yang saya terima beberapa waktu lalu dan kini saya mencoba untuk memberikan solusi.

Dalam hal ini saya mencoba menjawab dengan membatasi bahwa penurunan Performance komputer terjadi setalah ada instalasi software baru.  Kemungkinan software ini memakan sumberdaya (Processor/ Memory) yang besar sehingga dia menghabiskan kapasitas memory yang ada, atau menghabiskan kapasitas physical memory yang ada sehingga sebagian data disimpan di virtual memory yang disimpan di disk dan hal ini jelas akan mempengaruhi performance. Sebagaimana kita ketahui, kecepatan baca – tulis dan transfer data dari/ke memory jauh lebih cepat daripada harddisk.

Untuk mengetahui pemakaian memory, coba klik kanan taskbar (di daerah kosong), kemudian klik Task Manager. Pada tab process, akan ditampilkan task yang sedang berjalan dengan pemakaian cpu dan memory masing-masing task. Untuk mengurutkan berdasarkan ukuran yang dipakai kita bisa meng-klik header ( Misalnya kita ingin melihat pemakaian memory setiap task yang dijalankan maka kita tinggal klik header “Mem Usage”.

Pada tab Performance kita bisa melihat grafik pemakaian CPU dan Memory.

Dengan menggunakan tools ini seharusnya kita bisa mengetahui berapa pemakaian memory dan Cpu, dan bisa mengetahui aplikasi apa saja yang rakus akan sumberdaya yang disediakan. Jika diperlukan dan tidak membahayakan terhadap data maka kita bisa stop task yang dijalankan

 

5 Balasan ke Komputer Jadi Lambat Setelah Install Software

  1. zaenul m mengatakan:

    bagai manacara memback data.

  2. Rachmat mengatakan:

    Assalmualaikum wr wb…
    Saya punya masalah sama komputer saya , kenapa ya komputer sy untuk masuk ke OS lama banget loadingnya, sampe sy hitung sekitar 20 x loading..
    ditunggu jawabannya……..

  3. abas mengatakan:

    kulo mbothen semerap.

  4. muji mengatakan:

    asalmualakum
    saya install komputer di warnet, pakek windows xp 3, setelah semua selesai kenapa koneksi intenet super lambat…. padahal dengan 8 komputer jaringan saya pasang 2 mbps………..

    • agusnurli mengatakan:

      bisa jadi berbarengan dengan selesai instalasi internetnya bermasalah. coba cek seandainya yang konek ke internet satu aja seperti apa kecepatannya. tapi kalau semua yang diinstal tiba2 bermasalah bisa jadi cd installer windows ada masalah, mungkin ada komponen yang rusak atau yang tidak lengkap.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: