Sistem IT Inventory Kawasan Berikat Terintegrasi


it-inventory-bea-cukai-autocount-accounting-indonesia

 

Sistem IT Inventory Kawasan Berikat merupakan suatu sistem yang berfungsi untuk menghasilkan laporan-laporaan stock pada perusahan manufaktur yang berstatus Kawasan Berikat sesuai dengan format yang ditetapkn dalam peraturan yang dikeluarkan Dirjen Bea Cukai. Peraturan tentang Kawasan berikat ini tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 131/PMK.04/2018, dan Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai nomor PER-19/BC/2018 tentang Tata Laksana Kawasan Berikat. Laporan-laporan yang dimaksud tersebut yaitu :

  1. Laporan pemasukan barang per dokumen pabean.
  2. Laporan pengeluaran barang per dokumen pabean.
  3. Laporan posisi barang dalam proses (WIP).
  4. Laporan pertanggungjawaban mutasi barang  bahan baku dan bahan penolong,
  5. Laporan pertanggungjawaban mutasi barang jadi,
  6. Laporan pertanggungjawaban mutasi barang sisa dan scrap,
  7. Laporan pertanggungjawaban mutasi mesin dan peralatan perkantoran.

Beberapa perusahaan terkendala untuk mengimplementasikan hal tersebut, saat ini masih banyak perusahaan melakukan pencatatan transaksi penjuakan menggunaakaan aplikasi yang berbeda-beda, bahkan ada diantaranya yang masih semi manual menggunakan sofware excel. Diantaranya banyak yaang masih menggunkan program untuk pencatatan stock atau penjualannyaa tidak terintegrasi dengan software accounting, yang menyebabkan user harus harus melakukan input ulang. Diantara kategori software IT Inventory Bea Cukai yang baik adalah yang terintegrasi dengan modul akuntansi, sehingga terintegrasi juga dengan laporan keuangan.

Untuk mengatasi kendala dan challenge tersebut, Saya coba menambahkan fitur-fitur tersebut pada software Autocount Accounting dengan memodifikasi beberapa form transaksi berupa penambahan field-field yang dibutuhkan, dan pembuatan laporan-laporaan sesuai dengan contoh yang diberikan dirjen bea dan cukai. Autocount Accounting ini merupkan program akuntansi yang terintegrasi yang terdiri dari modul-modul utama pembelian, stock, penjulan, hutang,piutang, kas bank, dan GL. Dengan melakukan modifikasi pada software ini menjadikan sistem IT Inventory Bea Cukai lebih sempurna karena terintegrasi secara penuh dengan sistem akuntansi.

Jika Anda menemukan kendala yang Saya sebutkan diatas dan ingin sharing, jangan sungkan untuk mengubungi Saya di no 0812-88-490055 . Terima kasih.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: